Selasa, 09 Mei 2017

Hindari 8 Makanan yang Bikin Penyakit Batu Ginjal Makin Parah

TrenLagi - Menjaga kesehatan ginjal harus dilakukan karena organ tubuh yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting sebagai penyaring racun dan bahan berbahaya yang masuk kedalam tubuh. Selain mencukupi kebutuhan cairan, kita juga wajib memilih makanan yang akan dikonsumsi. Sembarangan mengonsumsi makanan akan membuat kinerja ginjal menjadi lebih keras untuk menyaring racun. Apabila terlalu banyak zat racun yang kita konsumsi, maka sisanya akan mengendap dan mengkristal menjadi batu yang disebut batu ginjal. Meski tubuh sudah memberikan alarm/gejala tertentu, namun sayangnya kebanyakan orang tidak menyadarinya  sehingga batu yang awalnya kecil menjadi besar dan semakin menyiksa.  Khasiat Pisang Si Buah Surga untuk Kesehatan dan Kecantikan 

makanan yang memperparah ginjal//redyredworld.wordpress.com
Padahal dnegan menjaga pola makan yang baik, penyakit batu ginjal bisa diatasi dengan mudah, bahkan tanpa operasi sekalipun. Salah satu cara yang dilakukan adalah dnegan menghindari berbagai jenis makanan yang dapat memperburuk penyakit batu ginjal, diantaranya adalah : Manfaat dan Efek Samping Buah Apel untuk Kesehatan

Makanan mengandung garam tinggi

Makanan yang mengandung garam tinggi wajib dihindari bagi penderita penyakit batu ginjal, karena dapat membuat batu ginjal semakin membesar. Khasiat Daun Sirsak Untuk Sembuhkan Penyakit Diabetes

Bayam

Bayam memang termasuk sayuran yang sehat, namun didalamnya kaya asam oksalat yang berpotensi mengikat kalsium dan membentuk Kristal kalsium oksalat sehingga membuat kondisi penderita makin parah.

Susu dan produk olahannya

Meski kita membutuhkan kalsium, namun tahukah Anda jika tubuh hanya menyerap kalsium yang dibutuhkan saja, selebihnya akan dibuang bersama air kencing melalui ginjal. Kalsium akan mengendap dan membuat batu dginjal semakin membesar.

Jeruk

Jeruk kaya vitamin C, namun bagi penderita batu ginjal, vitamin C harus dibatasi karena hasil dari metabolismenya dapat membentuk oksalat yang memperburuk kondisi penyakit batu ginjal.

Tomat

Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung banyak oksalat yang dapat memperparah kondisi penderita. Oleh karena itu, pastikan hindari sementara ketika dalam masa penyembuhan.

Cokelat

Cokelat memang paling nikmat dan membantu mengurangi stress, namun tahukah And ajika dalam cokelat juga terdapat oksalat yang mengakibatkan batu ginjal makin memburuk.

Teh

Teh juga termasuk makanan yang kaya oksalat sehingga wajib masuk dalam daftar minuman yang dihindari penderita batu ginjal agar batu tidak makin membesar dan menyebabkan komplikasi.

Makanan laut

Makanan laut umumnya mengandung kolesterol, asam urat dan juga purin yang berpotensi menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Selain itu, maknana laut juga tinggi sodium yang mengakibatkan tingginya pengeluaran kalsium dalam urine yang memicu pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, wajib dihindari oleh penderita agar kondisinya tidak semakin memburuk.
Selain menghindari beberapa makanan yang disebutkan diatas, penderita harus menggantikannya dnegan asupan yang lebih sehat dan bermanfaat untuk ginjal, seperti : air putih, air kelapa, jus lemon dan berbagai makanan sehat lainnya yang berkhasiat mencegah terbentuknya batu ginjal. Semoga bermanfaat yaaa!

Tags : makanan untuk penderita batu ginjal, menu makanan untuk penderita batu ginjal, sayuran untuk penderita batu ginjal, makanan penghancur batu ginjal, makanan yang menyebabkan batu ginjal, makanan yang dihindari penderita batu ginjal, gejala awal penyakit batu ginjal, buah untuk menghancurkan batu ginjal
Load disqus comments

0 komentar