Jumat, 02 Juni 2017

Delapan Makanan yang Efektif Melawan Demam Berdarah

TrenLagi - Demam Berdarah atau DBD termasuk satu penyakit akibat virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit demam berdarah sebabkan  penderita mengalami rasa nyeri dan sakit yang luar biasa hingga ke tulang. Jika tidak ditangani dengan benar, penyakit demam berdarah dapat sebabkan kematian. Meski mematikan, namun penyakit DBD tidak bisa menular secara langsung dari seseorang pada orang lain tanpa perantara gigitan nyamuk. Jadi, bagi Anda yang ingin menjenguk teman atau saudara, tidak perlu cemas karena takut tertular penyakitnya ya. Bagi penderita DBD, selektif memilih makanan adalah satu keharusan, sebisa mungkin pilih makanan atau minuman yang membantu melawan penyakit demam berdarah. Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Jambu Klutuk Setiap Hari

 gambar/daribuahdaun
Hem, kira-kira apa sajakah jenis makanan dan minuman yang membantu melawan penyakit demam berdarah? Agar lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini : Manfaat dan Efek Samping Jengkol yang Harus Kamu Tahu

1.    Jambu biji

Jambu biji sangat kaya vitamin C dan betakaroten yang sangat bagus untuk mengatasi kekurangan plasma akibat penurunan trombosit. Jambu biji dapat tingkatkan trombosit hingga 100 ribu millimeter per kubik. Bahkan buah jambu biji sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping sehingga paling bagus untuk penderita demam berdarah. Caranya bisa dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

2.    Air kelapa

Air kelapa muda asli juga bisa menjadi alternative untuk melawan penyakit demam berdarah, karena dapat meningkatkan trombosit hingga 100 ribu/mm dan membuat penderita lebih segar bugar. Air kelapa sangat kaya elektrolit, asam amino, protein dan mineral yang penting untuk tubuh. Rutin minum air kelapa murni saat menderita DBD dapat bermanfaat untuk sel, menetralisir racun, dan melancarkan aliran darah, sehingga mengurangi risiko penggumpalan darah. Cara mengonsumsinya, cukup tambahkan sedikit garam agar membuat penderita lebih segar.

3.    Sari buah Kurma

Sari buah kurma juga bisa menjadi alternative makanan terbaik untuk penderita DBD. Sari kurma sangat kaya nutrisi sehingga bermanfaat meningkatkan trombosit dalam tubuh penderita.

4.    Jus kulit manggis

Meski tidak enak, namun jus kulit manggis sangat kaya gizi yang bermanfaat untuk mempercepat pemulihan kondisi penderita demam berdarah. Hal ini karena kndungan antioksidan dan juga nutrisi didalamnya.

5.    Jeruk

Jeruk termasuk satu jenis buah yang sangat membantu melawan penyakit DBD, karena kandungan antioksidan dan Vitamin C yang tinggi. Selain bagus untuk sistem pencernaan penderita DB, jeruk juga membantu meningkatkan sistem imun tubuhnya.

6.    Daun pepaya

Daun pepaya memiliki rasa yang super pahit, tapi makanan ini sangat ampuh melawan penyakit demam berdarah. Tapi bagaimana cara mengonsumsinya? Tidak perlu cemas, karena dengan trik memasak, daun pepaya yang pahit bisa jadi olahan yang nikmat menggoda.

7.    Sayuran

Sayuran termasuk makanan yang kaya nutrisi sehingga sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun penderita diabetes. Anda bisa memilih beberapa jenis sayuran untuk dijadikan jus atau sup yang lezat.

8.    Susu

Susu juga bisa menjadi alternative minuman bagi penderita diabetes, karena kandungan nutrisi didalamnya, diantaranya : vitamin, protein, dan mineral kompleks. Nutrisi-nutrisi dalam susu tersebut sangat bermanfaat melawan virus penyebab demam berdarah.
Pilih, mana saja jenis makanan yang disukai penderita dan berikan secara rutin agar penyakitnya segera sembuh. Semoga informasi yang berjudul Delapan Makanan yang  Efektif Melawan Demam Berdarah diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Load disqus comments

0 komentar