Sabtu, 04 November 2017

Rutin Makan Buah Jeruk, Ini 9 Manfaat Ajaib yang Anda Dapatkan

TrenLagi - Diantara banyak jenis buah, jeruk termasuk buah yang paling banyak difavoritkan karena rasanya yang segar, mudah dikonsumsi, dan kandungan nutrisinya sangat tinggi. Jeruk bisa dinikmati langsung, bisa juga disajikan dalam bentuk jus. Tahukah Anda jika mengonsumsi buah jeruk setiap hari dapat memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan. Selain membuat tubuh segar bugar, makan jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga buah yang satu ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Manisnya Jus Ubi Jalar Berikan Manfaat Sehat Tak Terduga Ini 

manfaat makan jeruk/http://www.eleconomistaamerica.pe

Kandungan nutrisi dalam jeruk

Dalam buah jeruk terkandung banyak nutrisi penting, yang diantaranya : energi, lemak protein, karbohidrat, kalsium, potasium, fosfor, tembaga, serat pektin, asam folat, zat besi, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, niacin, serta mengandung antioksidan flavonoida betakaroten, beta cryptoxanthin, zeaxanthin, asam pantotenik, dan lutein. Selain itu, dalam jeruk juga terdapat kandungan fitonutrien yang sangat beragam, dari mulai naringin, naringenin, antocianin, hydroxycinamic acids, dan berbagai polifenol lainnya. Namun kandungan fitonutriennya lebih banyak terdapat pada serabut putih yang melapisi daging jeruk dan kulit, maka itu jangan membersihkannya saat makan jeruk. Rutin Minum Jus Wortel, Dapatkan 10 Manfaat Mengejutkan Ini
Nah, agar  Anda tak ragu lagi untuk menempatkan buah kaya vitamin C ini dalam list belanjaan, maka simak 9 manfaat ajaib dari makan buah jeruk setiap hari, yang diantaranya :

1.    Mengatasi kolesterol tinggi

Dalam jeruk terdapat kandungan serat pektin yang bermanfaat mengikat kolesterol bersama asam empedu dalam usus besar sehingga mengurangi peningkatan kolesterol dan kadar kolesterol dalam darah juga bisa berkurang.

2.    Mencegah penyakit jantung dan stroke

Selain serat pektin yang ampuh mengurangi kadar kolesterol, Vitamin C juga ampuh mencegah oksidasi kolesterol yang disebabkan oleh radikal bebas sehingga mencegah kolesterol mengendap pada dinding arteri dan membentuk plak yang menyebabkan pengerasan dinding arteri/ateroklerosis. Ketika masalah kolesterol bisa diatasi, maka risiko penyakit jantung dan stroke juga bisa diminimalkan. Selain itu, kandungan kaliumnya juga bermanfaat menstabilkan irama jantung.

3.    Menurunkan tekanan darah tinggi

Jeruk mengandung potasium tinggi yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, jeruk juga mengandung flavonoid yang membantu mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh.

4.    Mengontrol kadar gula darah

Selain mengontrol kolesterol dan tekanan darah, konsumsi jeruk setiap hari juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena kandungan gula alami dalam jeruk (fruktosa) yang membantu menjaga kadar gula agar tidak naik setelah makan. Selain itu, dalam jeruk juga terdapat kandungan antioksidan antingerin yang menjaga berat badan tetap ideal, mengurangi resiko obesitas dan meningkatkan sensivitas insulin.

5.    Mencegah kanker usus

Kandungan serat pektin pada buah jeruk sangat membantu tubuh dalam menangkap senyawa kimia pemicu kanker dan serta melindungi mukosa pada usus besar dari paparan racun.

6.    Mencegah pembentukan batu ginjal

Rutin mengonsumsi buah jeruk dapat mengurangi pembentukan batu ginjal yang berasal dari kalsium oksalat.

7.    Menyehatkan system pencernaan

Kandungan serat dalam buah jeruk bermanfaat dalam menyehatkan system pencernaan, seperti masalah sembelit, serta mencegah masalah lambung.

8.    Mencegah penuaan dini dan membuat kulit semakin cantik

Dalam jeruk terkandung Vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga ampuh membantu menangkal paparan radikal bebas yang menjadi penyebab penuaan dini. Rutin makan buah jeruk akan membuat kulit lebih fresh dan awet muda.

9.    Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Kandungan nutrisi lengkap dalam jeruk sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Selain itu, kandungan asam folat dalam jeruk juga ampuh mencegah cacat lahir pada janin.
Mengetahui beberapa manfaat menakjubkan diatas, pastinya Anda akan rela melakukan apapun untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi yang berjudul Rutin Makan Buah Jeruk, Ini 9 Manfaat Ajaib yang Anda Dapatkan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : manfaat buah jeruk untuk kecantikan, manfaat makan jeruk sebelum tidur, dampak dari, kebiasaan makan jeruk, manfaat buah jeruk nipis, manfaat jeruk manis, fungsi jeruk, buah jeruk untuk ibu hamil, manfaat mangga
Load disqus comments

0 komentar