Selasa, 27 Maret 2018

Lompong, Batang Talas yang Memiliki Manfaat Tak Terduga Bagi Kesehatan

TrenLagi - Apakah Anda pernah mendengar atau mungkin mencicipi sayur Lompong yang lezat? Lompong merupakan batang umbi talas yang bentuknya panjang dan teksturnya empuk dan lembut mirip spons. Lompong bisa diolah menjadi sayur yang lezat untuk lauk makan, seperti lodeh, bobor, tumis dan lainnya.  Jadi bukan cuma umbinya saja yang dimanfaatkan, karena batangnya juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, adakalanya lompong membutuhkan perlakuan khusus sebelum dimasak karena kadang menimbulkan gatal di tenggorokan.  Namun jangan khawatir, karena dengan proses yang benar, lompong tidak menimbulkan gatal bahkan memberikan manfaat sehat untuk tubuhmu.
Tips dan Cara Memasak Lompong Agar Enak dan Tidak Gatal
Sering Dikira Rumput Liar, Daun Sintrong Berikan Manfaat Ajaib, Salah satunya Obat Kanker 
lompong

Kandungan gizi lompong/batang umbi talas

Kandungan gizi dalam batang umbi talas lumayan banyak, diantaranya saponin, protein, karbohidrat, lemak, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan masih banyak yang lainnya. Minum Air Rebusan Kayu Manis Secara rutin, Ini Khasiatnya Untuk Kesehatan

Manfaat Lompong untuk kesehatan

Dari banyaknya kandungan gizi dalam lompong, pastinya dia akan memberikan manfaat sehat untuk tubuhmu, yang diantaranya :

1.    Menangkal radikal bebas

Dalam lompong terdapat kandungan saponin, antioksidan tinggi yang berkhasiat membantu menangkal radikal bebas penyebab masalah kesehatan.

2.    Melancarkan pencernaan

Dalam lompong terdapat kandungan serat tinggi yang membantu proses pencernaan agar berjalan lancar. Dengan demikian, Anda akna terhindar dari masalah yang berkaitan dnegan pencernaan.

3.    Menjaga tekanan darah agar stabil

Dalam lompong terdapat kandungan kalsium tinggi yang bermanfaat menstabilkan tekanan darah sehingga Anda terhindar dari tekanan darah tinggi/rendah.

4.    Menyehatkan jantung

Kandungan kalium dan berbagai mineral dalam lompong bermanfaat menjaga tekanan darah dan menstabilkan detak jantung sehingga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

5.    Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin dalam lompong bermanfaat menguatkan system kekebalan tubuh sehingga Anda terhindar dari gangguan kesehatan akibat infeksi virus/bakteri/kuman.

6.    Mengobati Kanker

Dalam batang talas/lompong terdapat kandungan saponin, sejenis glikosida yang ampuh melawan sel kanker tanpa mengganggu sel sehat dalam tubuh.

7.    Mengobati Diabetes Tipe II

Selain membantu mengobati kanker, kandungan saponin dalam batang talas/lompong juga membantu meningkatkan homeostasis glukosa melalui peningkatan sensivitas insulin. Jadi, mengonsumsi air rebusan lompong atau lompongnya sendiri bermanfaat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ternyata dari batang umbi talas atau lompong yang sering disepelekan, Anda bisa mendapatkan manfaat sehat yang luar biasa. Semoga informasi yang berjudul Lompong, Batang Talas yang Memiliki Manfaat Tak Terduga Bagi Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags : manfaat sayur lompong untuk ibu hamil
kandungan batang talas
manfaat batang kemumu
khasiat talas ungu
kandungan daun dan batang talas
cara memasak batang talas
jelaskan jenis kandungan dan fungsi yang dimiliki oleh daun dan batang talas
pohon lompong

Load disqus comments

0 komentar