Selasa, 13 Maret 2018

Sering dibuang, Ini 9 Manfaat Kulit Melinjo Untuk Kesehatan

TrenLagi - Anda suka makan emping melinjo? Saat membuat emping melinjo, biasanya kulitnya dibuang-buang, karena dianggap tidak banyak manfaatnya. Padahal selain bijinya, kulit melinjo juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kulit melinjo bisa diolah menjadi aneka hidangan dan cemilan yang lezat, dari mulai keripik hingga sayuran. Rasanya sangat enak loh, bahkan kulit melinjo memiliki banyak manfaat yang tak terduga untuk kesehatan. Hal itu, karena didalam kulit melinjo terdapat kandungan nutrisi penting untuk tubuh, dari mulai Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, kalsium, zat besi, fosfor, protein dan masih banyak yang lainnya. Tak mengherankan jika kulit melinjo memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.  Jangan Buang kulit Lemon, Ini 10 Khasiatnya Untuk Kesehatan dan Kecantikan
manfaat kulit melinjo
Ingin tahu, apa manfaat kulit melinjo? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

1.    Mencegah Asam Urat

Jika dalam biji melinjo terdapat kandungan purin yang menjadi penyebab asam urat, maka sebaliknya pada kulit melinjo justru mengandung senyawa yang menghambat xantin oksidase enzim atau pensitesis asam urat. Konsumsi kulit melinjo untuk mencegah dan menurunkan kadar asam urat dalam darah. Mengenal Garam Hitam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuhmu

2.    Menjaga Kesehatan otot

Kandungan protein dalam kulit melinjo bermanfaat memperbaiki kinerja otot dan meningkatkan pembentukan massa otot.

3.    Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Selain mengandung kalsium, dalam kulit melinjo juga terdapat kandungan fosfor tinggi yang bermanfaat meningkatkan kesehatan tulang.

4.    Menjaga kesehatan mata

Dalam kulit melinjo terdapat kandungan Vitamin A tinggi yang bermanfaat menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsinya.

5.    Menjaga kecantikan kulit

Dalam kulit melinjo mengandung vitamin C yang berperan sebagai sumber antioksidan ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

6.    Mencegah penyakit diabetes

Dalam melinjo terdapat kandungan likopen yang bermanfaat menjaga kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

7.    Mencegah anemia

Dalam kulit melinjo juga terkandung zat besi yang bermanfaat meningkatkan pembentukan sel darah merah sehingga membantu mencegah dan mengobati anemia atau kurang darah.

8.    Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain mengandung zink, dalam kulit melinjo juga mengandung fosfor yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal, dari mulai menjaga keseimbangan cairan, mengatur kadar garam dan lemak serta membantu memaksimalkan pengeluaran cairan.

9.    Mencegah pikun

Manfaat kulit melinjo lainnya adalah menjaga kesehatan otak. Hal ini karena kandungan protein dan vitamin didalamnya yang membantu memaksimalkan fungsinya sehingga bagus untuk mencegah pikun.
Sudah tahu betapa luar biasanya manfaat kulit melinjo, khan? Setelah ini, kamu pasti tidak akan menyepelekannya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : manfaat kulit melinjo untuk ibu hamil, efek samping kulit melinjo, cara pengobatan asam urat dengan kulit melinjo, khasiat daun melinjo, cara mengolah kulit melinjo untuk asam urat, kandungan kulit melinjo pdf, kulit melinjo goreng, oseng kulit melinjo
Load disqus comments

0 komentar