Jumat, 13 April 2018

Dibalik Rasa Sayur Pakis yang Enak, Ini Rahasia Sehat yang Anda Dapatkan

TrenLagi - Suka menikmati olahan sayur pakis? Pakis merupakan satu satu jenis tanaman paku yang ternyata bisa diolah menjadi sayuran yang lezat. Bagian yang dimasak adalah batang, rimpang, tunas dan daun yang masih muda. Pakis yang memiliki nama latin Diplazium esculentum ini tak hanya enak dikonsumsi, tapi juga mengandung banyak gizi, diantaranya :  protein, Vitamin A, Vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, kalsium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan, selenium, zink,dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, dalam pakis juga mengandung senyawa penting, seperti :  flavonoida dan polifenol.   Kulit Bawang Merah Jangan Dibuang, Ini Rahasia Sehat yang Bisa Kamu Dapatkan 
manfaat pakis dan efek sampingnya

Manfaat sehat dari sayur pakis

Dibandingkan sayuran lain, pakis termasuk istimewa karena tumbuh alami dan tidak terkontaminasi zat kimia, seperti peptisida. Sama halnya sayuran yang lain, ternyata kandungan gizi pada pakis juga memberikan manfaat sehat yang luar biasa. Ingin tahu apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan? Simak informasinya berikut ini : Tak Terduga, Ternyata Umbi Suweg Berikan Manfaat Luar Biasa Ini Untuk Kesehatan Tubuh

•    Meningkatkan kekebalan tubuh

Pakis mengandung vitamin A tinggi yang bermanfaat untuk penglihatan dan juga meningkatkan system kekebalan tubuh.

•    Menangkal radikal bebas

Dalam sayur pakis terdapat kandungan flavonoida yang merupakan sumber antioksidan terbaik untuk menangkal radikal bebas dalam sel tubuh manusia. Selain mencegah penuaan dini, juga mencegah penyakit degenerative akibat paparan radikal bebas.

•    Menurunkan tekanan darah

Pakis termasuk sayuran yang bagus untuk penderita tekanan darah tinggi, karena kandungan kalium tinggi membantu menormalkan tekanan darah dan membantu mengurang detak jantung berlebih.

•    Mengandung Vitamin B Kompleks

Pakis juga mengandung vitamin B kompleks tinggi yang bermanfaaat untuk menjaga daya tahan tubuh, melancarkan metabolism tubuh dan mengoptimalkan fungsi otak.

•    Bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dna fosfor dalam pakis bermafaat meningkatkan kepadatan tulang dna gigi sehingga terhindar dari risiko penyakit osteoporosis.

•    Sayuran rendah kalori, lemak dan kolesterol

Pakis termasuk sayuran yang sangat direkomendasikan untuk yang sedang diet maupun yang ingin menjaga kesehatan tubuh, karena rendah lemak, energy dan kolesterol.

Efek Samping sayur Pakis

Ternyata tidak sembarang pakis yang bisa diolah menjadi sayur, karena ada beberapa jenis pakis yang mengandung zat beracun. Untuk wanita yang sedang menjalankan promil, pastikan jangan pilih pakis yang aman, karena ternyata ada jenis pakis yang berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Begitupun untuk lelaki, konsumsi pakis tertentu juga berisiko sebabkan kelemahan otot dan masalah lainnya. Untuk itu, pastikan membeli pakis yang aman untuk dikonsumsi ya!
Tags : manfaat pakis haji, pakis ostrich, daun pakis yang bisa dimasak, pakis merah, jenis pakis yang bisa dimakan, pakis ostrich muda, pakis hutan, manfaat akar pakis
Load disqus comments

0 komentar