Sabtu, 21 April 2018

Waspada, Makanan Enak Ini Justru Bahayakan Ginjal

TrenLagi - Ginjal termasuk organ vital bagi tubuh. Selain menyaring darah, ginjal juga menyaring dan membuang limbah (racun, garam berlebih, dan urea), mengendalikan cairan tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan asam basa (pH) darah, dan masih banyak fungsi lainnya. Bisa dibayangkan bagaimana jika ginjal kita bermasalah, maka sudah pasti tubuh kita akan mengalami berbagai masalah kesehatan, dari mulai penyakit batu ginjal, gagal ginjal dan masalah serius lainnya. Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya menjaga pola makan sehat. Tahukah Anda jika ada banyak sekali makanan yang meskipun enak, tapi justru dapat membahayakan organ ginjal. Makanan seperti ini harusnya sudah kita waspadai, jangan sampai hanya karena enak, lantas kita mengorbankan organ penting tubuh kita. Cara mencegah dan mengobati ginjal bengkak
gorengan merusak ginjal/bite.co.nz
Ingin tahu makanan apa sajakah yang dapat membahayakan ginjal? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini : 

Cokelat

Cokelat memang enak, akan tetapi kandungan fosfor dan potasiumnya terlalu tinggi sehingga ginjal tidak bisa membuangnya lewat urin. Jika dibiarkan, maka dapat berisiko sebabkan gagal jantung. 

Junk food

Junk food memang selalu menggoda untuk disantap, apalagi saat nongkrong bareng teman-teman. Akan tetapi kita tahu sendiri kandungan dalam junk food justru tidak ramah untuk kesehatan tubuh, termasuk ginjal.  Kebiasaan konsumsi junk food dapat memicu diabetes sehingga berpotensi sebabkan komplikasi seperti kerusakan ginjal. 

Gorengan

Siapa yang tidak tergoda untuk makan gorengan hangat? Gorengan memang paling enak dikonsumsi disegala suasana, akan tetapi harus diwaspadai karena makanan ini dapat membahayakan organ ginjal. Kandungan minyak serta garam yang tinggi pada gorengan dapat memperburuk kerusakan pada ginjal.

Makanan instan

Tidak ada yang menyangkal jika makanan instan itu enak. Selain praktis penyajiannya, biasanya makanan instan memiliki banyak varian sehingga tidak membosankan. Akan tetapi, tahukah Anda jika dalam bumbu makanan instan terdapat kandungan yang sangat berbahaya untuk ginjal.

Makanan olahan

Makanan olahan mengandung pengawet dan juga zat kimia berbahaya lain yang apabila dikonsumsi terlalu sering/jangka waktu panjang dapat sebabkan kerusakan ginjal.
Selain menghindari beberapa makanan diatas, pastikan Anda juga lakukan kebiasaan yang menguntungkan ginjal, seperti : memperbanyak buah dan sayuran, cukup minum air putih, olahraga rutin, hindari r0k0k dan kebiasaan buruk lainnya.  Semoga informasi yang berjudul Waspada, Makanan Enak Ini Justru Bahayakan Ginjal diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal, buah untuk penderita gagal ginjal, menu makanan penderita gagal ginjal, cemilan untuk penderita gagal ginjal, buah buahan untuk obat ginjal, penderita ginjal bisa sembuh, menu makan buat penderita gagal ginjal, makanan untuk penderita gagal ginjal kronis
Load disqus comments

0 komentar